YUK KITA BEDAH AKREDITASI 2024
KENALI INSTRUMEN AKREDITASI DASMEN 2024
Instrumen akreditasi 2024
Asesmen kinerja satdik dalam menyediakan layanan yang berkualitas
Bagi kami, satuan pendidikan menjadi berkualitas apabila terdapat perilaku/kondisi yang berdampak bagi peserta didik:
berdampak dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan
berdampak pada keberhasilan satdik membangun kompetensi dan karakter yang diperlukan peserta didik sehingga dapat berperan dengan lebih baik - pada masa ini, maupun di masa yang akan datang
Permainan
“Apa itu sekolah berkualitas?”
1. Sekolah yang berkualitas adalah sekolah yang memiliki laboratorium/perpustakaan yang lengkap
Jawabannya Tidak Tepat
Belum tentu. Sekolah yang berkualitas adalah sekolah yang menyediakan sarana prasarana sesuai dengan kebutuhan belajar muridnya. Memiliki laboratorium/perpustakaan lengkap juga bukan jaminan pembelajarannya akan memenuhi kebutuhan belajar murid, apabila pendidik tidak tahu cara memanfaatkan sarpras tersebut secara optimal.
Bahkan bagi sekolah jenjang dasar, lingkungan belajar sekolah dan sekitarnya, dapat menjadi “laboratorium” untuk tempatnya bereksperimen dan mendukung terjadinya pembelajaran yang berpusat pada murid
2. Tujuan Kepala Sekolah melakukan supervisi kinerja hanya untuk memenuhi syarat tanggung jawabnya mengawasi kinerja pendidik.
Jawabannya Tidak Tepat
Kepala Sekolah melakukan supervisi kinerja tidak untuk mengawasi pendidik, melainkan untuk mendapatkan informasi tentang hal yang sudah baik, dan hal yang masih perlu ditingkatkan (evaluasi kinerja). Hasil evaluasi tersebut digunakan untuk mengetahui kompetensi pendidik dan menetapkan kebutuhan pembelajaran pendidik selanjutnya sehingga berdampak pada kualitas pembelajaran murid.
Tanpa adanya proses ini, maka kualitas layanan akan stagnan.
Artinya, sekolah yang berkualitas memiliki KS yang melakukan supervisi kinerja bukan hanya untuk mengawasi namun dilakukan dalam rangka menghadirkan peningkatan kualitas pembelajaran berkelanjutan.
3. Sekolah mengembangkan kurikulum satuan pendidikan yang sesuai kebutuhan belajar murid dan selaras dengan kurikulum nasional
Jawabannya Tepat
Agar proses pembelajaran serta suasana belajar di sekolah sesuai dengan visi misi sekolah, maka sekolah perlu menyusun kurikulum satuan pendidikan.
Rancangan pembelajaran di dalam kurikulum satuan pendidikan perlu ditinjau secara berkala untuk memastikan proses pembelajaran mengakomodasi kebutuhan muridnya.
Tujuan pembelajaran di dalam kurikulum satuan pendidikan perlu disusun selaras dengan kurikulum nasional, untuk memastikan setiap anak Indonesia memiliki karakter dan kompetensi minimum yang ditetapkan oleh negara, termasuk karakter yang meliputi sikap positif terhadap keberagaman.
Agar terus relevan dengan kebutuhan belajar, maka kurikulum di tingkat satuan perlu dievaluasi secara berkala.
4. Sekolah yang berhasil menjadi juara lomba olimpiade dan memiliki berbagai penghargaan sudah pasti merupakan sekolah yang berkualitas.
Jawabannya Tidak Tepat
Kepemilikan berbagai penghargaan memang dapat menjadi indikasi bahwa sekolah tersebut berhasil dalam membimbing murid-muridnya memiliki kompetensi tertentu secara unggul. Namun:
Apakah kompetensi murid tersebut sepenuhnya hasil binaan dan dukungan sekolah? bisa saja pencapaian tersebut berasal dari faktor di luar sekolah. Dukungan keluarga yang memadai, talenta alami si murid, atau bahkan dukungan yang mengistimewakan si murid oleh pihak sekolah.
Kepemilikan piala atau penghargaan juga tidak menjamin sekolah tersebut memiliki lingkungan yang aman dari perundungan, pendidik yang memperhatikan kondisi sosial emosional murid, atau kondisi dan kinerja lainnya yang seharusnya dipenuhi oleh sekolah.
Sekolah yang berkualitas adalah sekolah yang memastikan TIAP muridnya didampingi dalam lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, sehingga dapat mencapai kompetensi dan karakter yang diinginkan.
Dapat kita simpulkan dari Permainan di atas adalah:
Sekolah yang berkualitas tidak ditentukan dari sarana prasarananya, atau dari jumlah peserta didik yang ikut olimpiade. Melainkan, sekolah yang berkualitas adalah sekolah yang:
Mampu menghadirkan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar muridnya.
Memiliki pendidik yang gemar belajar dan berefleksi untuk terus meningkatkan kompetensinya agar dapat memberikan pendampingan dengan baik kepada murid.
Memiliki iklim lingkungan belajar yang membuat murid dan warga sekolah lainnya merasa aman, kebutuhannya terpenuhi, serta ada sikap positif terhadap keberagaman.
Memiliki kepala sekolah yang mampu memimpin warga sekolah untuk memberikan layanan yang sesuai dengan visi misi dan kebutuhan belajar murid, serta terus berupaya meningkatkan kualitas layanannya.
Apakah dengan demikian setiap sekolah di Indonesia akan sama wujudnya?
Dapat disimpulkan:
- Setiap sekolah memiliki cita-citanya sendiri.
- Setiap sekolah memilih pilihannya sendiri tentang bagaimana mereka dapat mendampingi murid dan mewujudkan cita-citanya.
- Ada yang menetapkan pembelajaran berbasis digital sebagai ciri khasnya, ada yang mengutamakan penumbuhan karakter, ada yang menyiapkan platform, dan lainnya.
- Namun seluruh sekolah tadi memiliki kesamaan: Kinerja mereka berorientasi untuk memenuhi kebutuhan belajar murid.
Apapun inisiatif dan area layanan yang mereka fokuskan, tujuannya adalah untuk murid
Berikut adalah sejumlah ciri sekolah berkualitas yang kita percaya berdampak bagi murid (dan selaras dengan Rapor Pendidikan)
- Pembelajaran yang berpusat pada murid
- Pendidik reflektif, gemar belajar, berbagi, dan berkolaborasi
- Iklim sekolah yang aman, inklusif, dan merayakan kebinekaan
- Kepemimpinan untuk peningkatan layanan berkelanjutan
Bagaimana instrumen akreditasi kita akan dapat memandu sekolah agar dapat berkinerja yang berdampak bagi murid?
Komponen pertama yang diukur di dalam instrumen
Komponen 1. Iklim Lingkungan Belajar
Peran satdik adalah mendampingi, dan salah satu cara satdik mendampingi yang langsung dirasakan oleh anak-anak kita adalah melalui iklim lingkungan belajar.
Dengan mengukur iklim lingkungan belajar, maka peran kita sebagai badan akreditasi nasional, adalah memastikan setiap anak kita berada di dalam lingkungan yang memungkinkan anak mendapatkan hasil optimal dari proses belajar.
Apa saja kinerja satdik yang kita ukur dalam komponen iklim lingkungan belajar?
Iklim kebinekaan : Mencerminkan kinerja satdik dalam menjaga anak didiknya dari paparan contoh-contoh perilaku intoleransi saat berada di lingkungan belajar. Saat anak terpapar pada perilaku intoleransi, maka upaya untuk membangun rasa menghargai kepada sesama manusia menjadi sebatas konten, dan bukan berupa nilai-nilai.
Iklim lingkungan belajar inklusif : mencerminkan kinerja satdik dalam memenuhi setiap hak anak didiknya, tanpa terkecuali anak dengan kebutuhan yang memerlukan dukungan lebih.
Iklim lingkungan belajar yang aman secara psikis: Kinerja satdik dalam memberikan rasa aman pada peserta didik untuk berkegiatan di lingkungan belajar. Aman dari perundungan hukuman fisik, dan kekerasan seksual. Tanpa rasa aman ini, sangat sulit bagi peserta didik untuk dapat belajar secara efektif, sehingga berpotensi kehilangan kesempatannya untuk unggul
Iklim lingkungan belajar yang menjaga keselamatan: Kinerja satdik yang mampu menjaga keselamatan warga satuan pendidikan saat sedang berkegiatan di lingkungan belajar.
Iklim lingkungan belajar yang sehat: Kesadaran satdik bahwa kemampuan yang dibangun di sekolah, bukanlah sebatas kemampuan kognitif, melainkan juga kemampuan anak didik dan warga satdik dalam menjaga well-being-nya. Kita meninjau kinerja satdik dalam menghadirkan iklim lingkungan belajar yang menghargai, menjaga dan membangun kesehatan fisik dan mental dari warga satuan pendidikan.
Komponen kedua yang diukur di dalam instrumen
Komponen 2. Kepemimpinan yang berorientasi pada perbaikan layanan berkelanjutan
Tanggung jawab satdik adalah memastikan anak didiknya mendapatkan pendidikan yang terbaik.
Peran KS dalam memimpin perbaikan layanan berkelanjutan mencerminkan rasa tanggung jawab tersebut. Dengan mengukur peran KS dalam meningkatkan kualitas layanan, maka badan akreditasi nasional sudah berperan dalam memastikan anak didik mendapatkan haknya.
Apa saja kinerja KS yang kita ukur dalam komponen ini?
- Kinerja KS yang mampu menghadirkan PTK yang gemar belajar, berefleksi dan berkolaborasi dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran. Peningkatan kompetensi PTK yang berkelanjutan menjadi ciri satdik yang berkualitas karena kondisi inilah yang memastikan anak didik di satdik tersebut akan mendapatkan layanan pendidikan yang terbaik.
- Kinerja KS yang terus berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanannya. Penghargaan tidak lagi hanya diberikan pada satdik yang memang memiliki sumber daya yang unggul, namun pada satdik dengan KS yang mampu memimpin proses perbaikan layanan berkelanjutan berbasis data dengan melibatkan berbagai pihak terkait sehingga terus terjadi progress/kemajuan dalam kualitas layanannya
- Kinerja KS yang memanfaatkan anggarannya sesuai dengan fokus perbaikan layanan yang sudah direncanakan. Dengan menjaga agar rencana anggaran disusun berdasarkan perencanaan yang disepakati, maka anggaran akan lebih maksimal digunakan untuk hal yang paling berdampak pada peserta didik.
- Kinerja KS yang mengelola sarpras secara optimal untuk kebutuhan pembelajaran karena mencerminkan kesadaran bahwa fungsi sarpras adalah sebagai pendukung pembelajaran, dan bukan sebagai fokus utama.
- Kinerja KS dalam memimpin pembelajaran melalui pengelolaan kurikulum satuan pendidikan (KSP). KSP adalah rujukan kunci yang menentukan suasana dan proses belajar untuk satu tahun ajaran depan. KSP juga akan memandu PTK dalam memastikan bahwa: kegiatan pembelajaran pada tahun ajaran depan, serta iklim sekolah, turut mendukung fokus perbaikan layanan.
Komponen ketiga yang diukur di dalam instrumen
Komponen 3 Kinerja pendidik dalam mengelola proses pembelajaran yang bermakna
Tanggung jawab satdik adalah memastikan anak didiknya mendapatkan pendidikan yang terbaik.
Anak mendapatkan pendidikan yang terbaik saat pendidiknya mampu membangun kompetensi dan karakter yang Ia perlukan; melalui interaksi yang empatik.
Dengan mengukur kapasitas pendidik dalam memfasilitasi pembelajaran, maka badan akreditasi nasional sudah berperan dalam mendorong satdik untuk terus meningkatkan kompetensi pendidiknya.
Apa saja kinerja pendidik yang kita ukur dalam komponen ini?
- Kinerja pendidik dalam menghadirkan proses belajar yang sarat dengan interaksi positif antara pendidik dan anak didiknya. Interaksi ini salah satu faktor penentu apakah anak didik akan memaknai sekolah sebagai rumah kedua, atau sebagai lingkungan yang penuh beban.
- Kinerja pendidik dalam menghadirkan suasana belajar yang rasa aman bagi peserta didik. Kondisi ini bisa teramati melalui cara yang dipilih pendidik untuk mencapai keteraturan suasana belajar serta dalam mencapai tujuan pembelajaran
- Kinerja pendidik dalam mengelola pembelajaran secara efektif:
Pembelajaran di kelas mengacu pada tujuan pembelajaran yang sudah disepakati bersama dan tertuang di dalam kurikulum satuan pendidikan. Artinya, pada satdik ini, KSP berfungsi sebagai rujukan pelaksanaan pembelajaran di kelas -> memanfaatkan hasil asesmen untuk merancang pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik -> mendesain kegiatan pembelajaran yang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran -> menggunakan berbagai bentuk asesmen sehingga mampu memotret capaian peserta didik secara lebih komprehensif -> melibatkan peserta didik dalam penentuan proses belajar agar rasa kepemilikan terhadap proses belajar terbangun -> menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
- Kinerja pendidik satdik dalam membangun kompetensi, dan karakter yang menjadi bekal anak didik untuk menjadi pribadi yang utuh.
Komponen ketiga yang diukur di dalam instrumen
Komponen 4: Hasil Belajar
Apa prinsip yang diterapkan dalam penyusunan instrumen akreditasi 2024?
- Bermakna
- Inklusif
- Fleksibel
Implikasi penerapan prinsip terhadap proses akreditasi:
1. Bermakna
Hanya mengukur aspek yang berdampak langsung terhadap layanan yang diterima oleh peserta didik (tidak administratif)
Melanjutkan semangat yang sudah dibangun melalui IASP 2020 dan Instrumen PAUD-PNF tahun 2021
Bermakna karena hal yang diukur adalah hal esensial yang dipercaya berdampak pada kualitas layanan yang diterima peserta didik.
Instrumen akreditasi disusun dengan menggunakan 4 komponen yang dipercaya paling berdampak bagi murid
1. Iklim Lingkungan Belajar
Apakah satdik mampu menghadirkan iklim lingkungan belajar yang bineka, inklusif, aman, menjaga keselamatan dan kesehatan peserta didik?
2. Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan dalam Pengelolaan
Apakah satdik dipimpin oleh KS yang mampu mengelola pembelajaran, PTK-nya, sumber daya-nya serta berbagai pihak yang terlibat untuk memberikan layanan terbaik bagi anak didik?
3. Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran
Apakah satdik memiliki pendidik yang mampu mengelola proses pembelajaran di kelas secara bermakna dan berpusat pada murid?
4. Hasil Belajar
Keberhasilan satuan pendidikan dalam membangun kompetensi dan karakter yang diperlukan oleh peserta didik.
Instrumen akreditasi juga disusun selaras dengan kerangka kualitas pada Standar Nasional dan Rapor Pendidikan
Instrumen akreditasi dapat menghela fokus kinerja penyelenggara layanan pendidikan untuk menghadirkan layanan dan kondisi yang menjadi ciri
satuan pendidikan yang kita cita-citakan
Implikasi penerapan prinsip terhadap proses akreditasi: Inklusif
INKLUSIF | DULU | SKARANG |
Ada benang merah antara instrumen akreditasi lintas jenjang | Terpisah antara instrumen untuk PAUD PNF dan instrumen untuk Dasmen | Instrumen disusun dengan menggunakan 14 butir umum yang dapat digunakan oleh seluruh tingkat dan jenis layanan. Penyusunan instrumen untuk PAUD, SMK, SLB dan Kesetaraan adalah berdasarkan kontekstualisasi dari butir umum tersebut. |
Implikasi penerapan prinsip terhadap proses akreditasi: Inklusif
Komentar